Tentang Pengertian Strategi Perusahaan

Catatan :
Artikel ini saya buat sehubungan dengan melihat banyaknya perusahaan yang berganti strategi, termasuk perusahaan tempat saya bekerja sekarang.

Tiap-tiap perusahaan memiliki langkah kerja yang berbeda-beda dalam menghadapi situasi dan kondisi masyarakat, mauipun pasar. Hal ini dilandasi karena setiap perusahaan memiliki strategi perusahaan yang berbeda-beda dalam menyikapi kondisi yang dari waktu ke waktu terus fluktuatif. Strategi perusahaan inilah yang menjadi kunci dari sebuah perusahaan dalam menyikapi situasi dan kondisi pasar.


Pengertian Strategi dan Perusahaan


Apa itu strategi perusahaan? Untuk mengartikannya, harus dilihat dulu tentang pengertian strategi itu sendiri . Strategi bisa disebut juga sebagai suatu program dalam mencapai suatu tujuan. Strategi berbentuk dalam tindakan-tindakan yang berhubungan dengan suatu kondisi. Dari pengertian ini, dapat diambil simpulan bahwa strategi bisa dibilang sebagai cara untuk mencapai tujuan tertentu. 

Perusahaan sendiri adalah suatu badan hukum  yang merupakan tempat berkumpulnya kegiatan produksi, distribusi,  dan semua faktor pendukungnya. Perusahaan ini didirikan dengan tujuan mencari keuntungan berdasarkan kegiatan produksi yang dilakukannya.  Namun, ada pula suatu perusahaan yang tidak mencari keuntungan semata. Biasanya jenis ini disebut sebagai lembaga sosial atau yayasan.

Ada tiga jenis perusahaan. Petama, perusahaan perseorangan. Perusahaan ini didirikan oleh satu orang dan dimiliki oleh satu orang. Kedua, adalah Persukutuan. Tipe perusahaan ini adalah tipe perusahaan yang pemiliknya lebih dari satu dengan perjanjian tertentu. Contoh tipe persukutuan adlaah Firma dan CV. Jenis yang ketiga adalah Perseroan Terbatas. Perseroan terbatas merupakan perusahaan berbadan hukum yang kepemilikannya diatur dalam bentuk saham.



Tentang Strategi Perusahaan


Jika menilik pengertian kedua kata tersebut, dapat disimpulkan bahwa strategi perusahaan adalah suatu langkah taktis yang dilakukan perusahaan untuk mendukung aktivitas produksinya. Namun, hanyakah itukah pengertian strategi perusahaan? Tidak.  Strategi perusahaan tidak hanya tentang bagaimana langkah untuk mencapai tujuan tetapi juga tentang bagaiamana perusahaan bisa mengatur sumber dayanya untuk jangka panjang. Strategi perusahaan juga akan terkait tentang cara perusahaan dalam menetapkan tujuan yang memiliki dampak positif yang besar bagi perusahaan itu sendiri.


 Nah, benar kayaknya tempat saya bekerja sekarang sedang melakukan perubahan strategi untuk hasil yang lebih positif. . Perubahan ini dilakukan karena konten produk yang dihadirkan sudah kurang relevan. Untuk diketahui, perusahaan tempat saya bekerja sekarang adalah perusahaan media online. Situsnya cukup bagus di Ranking Alexa (Dibawah 500). Tapi, situs ini kurang menguntungkan meskipun konten yang dihadirkan sudah cukup menarik. Nah, situs ini kemudian nantinya akan berubah platform (termasuk perubahan domain). Ini mungkin kali yah yang disebut salah satu strategi perusahaan 

Comments

Popular Posts