Kamu Harus Punya E-mail Lebih dari Satu dan Kamu Harus Bisa Mengelolanya
Pada era internet kali ini, sudah hal yang biasa seorang
pengguna internet memiliki e-mail atau surat elektronik (surel). Penggunaan e-mail sangat diperlukan untuk
berbagai hal. Misalnya untuk mendaftarkan akun di media sosial, membuat akun di
forum tertentu, atau untuk keperluan lainnya. Setidaknya, seorang pengguna
internet memiliki satu e-mail tetap yang banyak digunakan untuk berbagai
keperluan.
Sayangnya, penggunaan satu e-mail untuk keseluruhan kegiatan berinternet ini
kuranglah baik? Mengapa? Yah, penggunaan satu e-mail itu kurang aman dan rentan
dibajak oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Apalagi jika kamu punya banyak
data penting yang tersimpan di e-mail seperti data akun media sosial, data
rekening pribadi, kartu kredit, dan lain sebagainya.
Saya sendiri awalnya hanya menggunakan satu layanan e-mail.
Tapi, karena kebutuhan berinternet lebih dari sebelumnya dan hal ini juga
berkaitan dengan pekerjaan, maka saya pun banyak membuat e-mail. Bagaimana
pengelolaannya? Nah, itulah yang akan
saya bagikan kepada teman-teman pembaca blog hilman.my.id in Berikut beberapa
tips dari saya tentang pengelolaan e-mail untuk keperluan penggunaan internet.
1.
Buat Banyak E-mail dan
Kategorikan Penggunaannya.
Saya setidaknya memiliki akun surel lebih dari 10. Tapi,
yang aktif ada dibawa 10. Sisanya saya lupa lagi kata sandinya. Saya memiliki 5
akun Gmail, satu akun di Outlook, dan tiga lagi di Yahoo.com.
Belum lagi satu akun e-mail dari tempat kerja saya. Cukup banyak yah.
Merepotkan juga sebenarnya. Tapi bisa diatasi dengan cara mengategorikan e-mail-email tersebut.
Misalnya, diantara e-mail tersebut, satu saya gunakan sebagai e-mail penting
dan utama. Di e-mail ini saya menyimpan banyak akun e-mail lainnya beserta
media sosial lainnya. Jika saya lupa kata sandi e-mail lain, maka saya tinggal
buka e-mail saya yang utama. Dua atau tiga e-mail lainnya dikategorikan untuk
akun media sosial. Misalnya jika ingin daftar di forum atau media sosial, kamu
bisa gunakan kategori e-mail ini, dan bukan e-mail utama. Kategori e-mail
terakhir adalah untuk keperluan spam atau promosi. Nah, saya itu sering aktif
ikut kuis dan kadang penyelenggara kuis menyuruh kita memasukan e-mail untuk
keperluan List Building mereka. Gunanya tentu untuk promosi, Maka saya gunakan
e-mail lain untuk hal ini. Biasanya sih saya jarang buka e-mail kategori ketiga
ini. Hehehe. Bisa juga, mengategorikan e-mail untuk keperluan blogging.
2.
Buat Daftar untuk Pengingat
akun E-mail
Tips ini sederhana sebenarnya. Tips ini berkaitan dengan
cara kamu mengingat akun e-mail. Nah, kamu bisa menulis akun e-mail kamu di
catatan (note) komputer. Kamu bisa menuliskan juga kata sandi e-mail-nya. Untuk
yang satu ini kamu bisa simpan di folder yang dikunci menggunakan aplikasi
pihak ketiga. Hal ini untuk menghindari jika ada teman atau orang lain yang
iseng membuka data kamu.
3.
Gunakan Aplikasi E-mail
Client
Tips ini sangat penting. Memiliki banyak e-mail dan
mengelolanya lewat satu aplikasi tentu lebih mudah dan gampang. Nah, daripada
kamu membuka banyak browser atau berganti akun e-mail, kamu bisa mengatur
e-mail menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi sejenis ini, baik
untuk mobile seperti Android maupun untuk PC Windows. Kamu bisa mencarinya
dengan menggunakan kata kunci “aplikasi email untuk PC” atau aplikasi “email
untuk Android” .
Nah itu, dia tips buat kamu yang takut kerepotan mengelola
banyak e-mail. Saran penting dari saya, jangan punya satu e-mail. Gunakanlah
banyak e-mail dan kelola dengan baik.
Comments
Post a Comment