Kamu Harus Punya E-mail Lebih dari Satu dan Kamu Harus Bisa Mengelolanya

Pada era internet kali ini, sudah hal yang biasa seorang pengguna internet memiliki e-mail atau surat elektronik (surel).  Penggunaan e-mail sangat diperlukan untuk berbagai hal. Misalnya untuk mendaftarkan akun di media sosial, membuat akun di forum tertentu, atau untuk keperluan lainnya. Setidaknya, seorang pengguna internet memiliki satu e-mail tetap yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan.

Sayangnya, penggunaan satu e-mail untuk keseluruhan kegiatan berinternet ini kuranglah baik? Mengapa? Yah, penggunaan satu e-mail itu kurang aman dan rentan dibajak oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Apalagi jika kamu punya banyak data penting yang tersimpan di e-mail seperti data akun media sosial, data rekening pribadi, kartu kredit, dan lain sebagainya.

Saya sendiri awalnya hanya menggunakan satu layanan e-mail. Tapi, karena kebutuhan berinternet lebih dari sebelumnya dan hal ini juga berkaitan dengan pekerjaan, maka saya pun banyak membuat e-mail. Bagaimana pengelolaannya? Nah,  itulah yang akan saya bagikan kepada teman-teman pembaca blog hilman.my.id in Berikut beberapa tips dari saya tentang pengelolaan e-mail untuk keperluan penggunaan internet.

1.    Buat Banyak E-mail dan Kategorikan Penggunaannya.

Saya setidaknya memiliki akun surel lebih dari 10. Tapi, yang aktif ada dibawa 10. Sisanya saya lupa lagi kata sandinya. Saya memiliki 5 akun Gmail, satu akun di Outlook, dan tiga lagi di Yahoo.com. Belum lagi satu akun e-mail dari tempat kerja saya. Cukup banyak yah. Merepotkan juga sebenarnya. Tapi bisa diatasi dengan  cara mengategorikan e-mail-email tersebut. Misalnya, diantara e-mail tersebut, satu saya gunakan sebagai e-mail penting dan utama. Di e-mail ini saya menyimpan banyak akun e-mail lainnya beserta media sosial lainnya. Jika saya lupa kata sandi e-mail lain, maka saya tinggal buka e-mail saya yang utama. Dua atau tiga e-mail lainnya dikategorikan untuk akun media sosial. Misalnya jika ingin daftar di forum atau media sosial, kamu bisa gunakan kategori e-mail ini, dan bukan e-mail utama. Kategori e-mail terakhir adalah untuk keperluan spam atau promosi. Nah, saya itu sering aktif ikut kuis dan kadang penyelenggara kuis menyuruh kita memasukan e-mail untuk keperluan List Building mereka. Gunanya tentu untuk promosi, Maka saya gunakan e-mail lain untuk hal ini. Biasanya sih saya jarang buka e-mail kategori ketiga ini. Hehehe. Bisa juga, mengategorikan e-mail untuk keperluan blogging.



2.    Buat Daftar untuk Pengingat akun E-mail

Tips ini sederhana sebenarnya. Tips ini berkaitan dengan cara kamu mengingat akun e-mail. Nah, kamu bisa menulis akun e-mail kamu di catatan (note) komputer. Kamu bisa menuliskan juga kata sandi e-mail-nya. Untuk yang satu ini kamu bisa simpan di folder yang dikunci menggunakan aplikasi pihak ketiga. Hal ini untuk menghindari jika ada teman atau orang lain yang iseng membuka data kamu.

3.    Gunakan Aplikasi E-mail Client

Tips ini sangat penting. Memiliki banyak e-mail dan mengelolanya lewat satu aplikasi tentu lebih mudah dan gampang. Nah, daripada kamu membuka banyak browser atau berganti akun e-mail, kamu bisa mengatur e-mail menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi sejenis ini, baik untuk mobile seperti Android maupun untuk PC Windows. Kamu bisa mencarinya dengan menggunakan kata kunci “aplikasi email untuk PC” atau aplikasi “email untuk Android” .


Nah itu, dia tips buat kamu yang takut kerepotan mengelola banyak e-mail. Saran penting dari saya, jangan punya satu e-mail. Gunakanlah banyak e-mail dan kelola dengan baik. 

Comments

Popular Posts