Manfaat Besar dari Adanya Program Pengembangan Karyawan


Ceritanya, April 2015 ini saya bekerja kantoran setelah sekian lama menjadi seorang pekerja lepas. Pilihan menjadi seorang karyawan ini sebenarnya karena saya ingin menantang diri saya, bagaimana sih rasanya jika menjadi seorang karyawan dari sebuah perusahaan? Terus apa pentingnya, karyawan dalam perusahaan? Nah, di tengah pertanyaan ini, saya lantas menemukan tulisan saya tentang karyawan. Saya lupa kapan tulisan ini dibuat. Tapi setahu saya ini adalah tulisan yang ditujukan untuk seorang klien saya yang meminta tulisan tentang karyawan. Tapi karena satu hal, dia tidak jadi menggunakan tulisan saya. Daripasa sayang tidak publish, mending saya publish di blog baru saya ini. Yuk simak

Tentang Program Pengembangan Karyawan 

Dalam sebuah perusahaan, karyawan merupakan hal yang vital. Pasalnya, maju tidaknya suatu perusahaan ditentukan oleh karyawan meskipun ada pimpinan yang menjadi “nakhoda”. Jika karyawan tidak memadai atau kurang kredibel, pada akhirnnya perusahaanlah yang akan mengalami efeknya, yaitu potensi kemunduran.

Karena itu, untuk meningkatkan kualitas karyawan, sebuah perusahaan wajib membuat program pengembangan karyawan. Program ini tidak serta merta hanya program formalitas yang menghabiskan dana perusahaan. Program pengembangan karyawan adalah suatu cara agar karyawan tidak stagnan dan mengalami perkembangan, baik dalam hal teknis, kemampuan teoritis, sesuatu  yang  konseptual, maupun hal yang berkaitan dengan  moral.

Program dalam rangka meningkatkan kemampuan karyawan ini juga memiliki tujuan yang konkret, yakni peningkatan dari segala sisi. Hal ini  akan memberi dampak positif bagi perusahaan maupun untuk karyawan itu sendiri. Bahkan, secara tidak langsung, konsumen juga bisa mendapatkan manfaat dari adanya program ini. Secara lebih jelas, adanya program peningkatan karyawan akan memberi banyak manfaat, terutama untuk karyawan. Manfaat tersebut diantaranya sebagai berikut.

Produktivitas yang Lebih Efektif







Dengan adanya program ini, para karyawan dapat melakukan tugasnya menjadi lebih baik dibandingkan sebelumnya. Mereka bisa bekerja lebih produktif karena kemampuan mereka meningkat, baik dari kemampuan secara teknikal maupun kemampuan secara sosial. Tidak menutup kemungkinan karyawan tersebut juga memiliki kemampuan multitasking atau mengerjakan beberapa pekerjaan yang sebelumnya tidak pernah tertangani. Hal ini akan berdampak pada peningkatan efisiensi tenaga dan waktu bagi perusahaan. Produktivitas ini juga tentunya akan berpengaruh pada peningkatan karier karyawan itu sendiri. Karena dengan semakin produktif, karyawan tersebut tentunya akan memiliki prestasi yang baik dan berpotensi untuk dipromosikan ke jabatan yang lebih tinggi.

Karyawan yang Lebih Loyal



 Tidak bisa dipungkiri bahwa ada karyawan yang memang tidak menyukai pekerjaan mereka. Imbasnya, mereka yang seperti ini hanya menjalankan tugas sesuai yang diperintahkan. “Yang penting beres” adalah kalimat yang ada di otak karyawan tipe ini. Namun, jika ada program pengembangan karakter, bukan tidak mungkin karyawan yang berpikiran semacam ini jadi berkurang. Karena dalam program pengembangan, biasanya terdapat pelatihan tentang hal yang berkaitan dengan moral kerja, seperti dedikasi dan ketulusan bekerja. Jika pelatihan program pelatihannya memang efektif, potensi para karyawan untuk loyal ke perusahaan juga semakin besar. Hal ini tentu saja akan berdampak pada sektor pelayanan pada para konsumen dan klien menjadi lebih baik.



Kepemimpinan dan Manajerial yang Lebih Baik


 
Program pelatihan pengembangan karyawan juga akan membentuk pribadi yang lebih unggul, terutama untuk para kepala divisi atau manajer. Seorang kepala divisi yang mengikuti program ini  akan bisa lebih baik dalam memimpin tim dalam mencapai tujuan perusahaan. Kemampuan manajerial juga akan lebih baik dan terarah. Para pemimpin atau kepala divisi yang mengikuti program pengembangan ini pun akan bisa belajar tentang cara membangun kerja sama yang lebih baik, terutama untuk hubungan atasan-bawahan maupun hubungan rekan kerja.



Kesimpulan




Dari uraian tersebut, bisa disimpulkan bahwa program pengembangan karyawan merupakan sesuatu yang penting. Program semacam ini haruslah dilaksankan demi berkembanganya SDM dalam perusahaan. Efeknya, sebuah perusahaan yang memiliki SDM yang lebih baik, tentu akan membuat perusahaan bisa lebih maju dan mencapi visi dan misinya. 

Dari tulisan tersebut, saya dapat pelajaran bahwa jika perusahaan ingin sukses, maka ia harus membuat karyawannya meningkatkan kemampuan dan mengadakan program-program yang menunjang produktivitas. Tentu hal ini bertujuan agar karyawan bisa menjadi SDM yang baik dan jaid aset perusahaan. Mudah-mudahan saja perusahaan tempat saya bekerja nanti punya program ini agar saya bisa lebih efektif.

Comments

Popular Posts