Pelajaran Penting Mendirikan Media Digital dari AyoBandung.com




Ramadan 1438H telah berlalu. Ada banyak cerita yang tak sempat tetulis. Aktivitas mudik dan kesibukan kerja membuat saya sedikit melupa tulisan yang harus dibuat. Salah satunya adalah tulisan dari “jejak” Buka Bersama dengan Ayo Media Network, yang dalam hal ini diwakili oleh tim AyoBandung.com

Kegiatan buka bersama ini berlangsung Jumat, 16 Juni 2017 di Kafe Babakaran, Jl. Buah Batu No. 133 Bandung. Ini adalah kedai kedua Babakaran di Bandung. Kedai yang pertama buka terlebih dulu di Jalan Juanda Bandung.

Dengan hidangan khas sate dan babakaran, saya bersama beberapa rekan narablog Bandung banyak berbincang sepanjang malam Sabtu itu. Sembari menunggu makanan datang, kami banyak berbincang baik tentang tempat kami makan (Babakaran) dan juga tentang AyoBandung.com itu sendiri.

Tentang AyoBandung.com

AyoBandung.com sendiri adalah situs yag merupakan bagian dari perusahaan konsultan komunikas (begitu mereka menyebutnya) bernama Ayo Media Network. Perusahaan ini fokus pada ranah media digital sekaligus juga menjadi perusahaan digital branding dan digital marketing (Social Media Management dan Search Engine Optimization)

Yang menarik dari suasana itu bagi saya, adalah bisa mengobrol dengan sosok bernama Ruddy Sukarno.

Bisa dibilang Ruddy Sukarno ini adalah salah satu pendiri dari Ayo Media Network. Ia bersama beberapa temannya mendirikan Ayo Media Network sekitar 2 tahun lalu. Menariknya, Pak Ruddy ini belum memiliki pengalaman begitu banyak di media digital. Ia dan teman-temannya memang memiliki latar media, tetapi media elektronik. Dari cerita Pak Ruddy, ia dan teman-temannya adalah mantan karyawan salah satu kanal televisi swasta di Indonesia.
Pak Ruddy saat bercerita tentang AyoBandung.com

Merasa bosan dan kurangnya apresiasi di dunia televisi, Pak Ruddy dan teman-temannya memutuskan keluar dari dunia televisi dan mendirikan Ayo Media Network. Ayo Media Network kemudian bisa berkembang dengan cepat lewat jaringan media AyoBandung.com, AyoBogor.com, AyoBekasi.net, AyoPurwarkarta.com, AyoCirebon.com, dan AyoTasik.com.

Kehadiran jaringan media tersebut adalah sebagai nilai tambah bagi mereka yang membutuhkan layanan branding yang sudah terintegrasi dengan media.

Pencapaian AyoBandung.com

Ruddy Sukarno saat ini menjabat sebagai pemimpin redaksi AyoBandung.com.  Sebagai pemimpin redaksi, Pak Ruddy Sukarno termasuk sigap dalam memimpin sebuah media digital yang pasarnya sesak ini. Hal tersebut dibuktikan dengan posisi Alexa AyoBandung.com yang berada di 2200 (saat artikel ini dibuat). Posisi tersebut bisa dicapai dengan hanya rentang waktu 2 tahun saja.
Posisi Ayobandung.com di Alexa
Selain itu, situs AyoBandung.com juga mampu menampilkan artikel menarik dengan tema umum maupun artikel yang berkaitan dengan Kota Bandung itu sendiri. Terlihat juga beberapa iklan yang tampaknya sudah menjalin kerjasama yang baik dengan AyoBandung.com. (Meskipun bagi saya pribadi, keberadaan iklan ini sedikit menggangu tampilan jika diakses melalui perangkat PC/laptop)

AyoBandung.com yang beralamt di  Jalan Sekar Tonggeret No. 14, Bandung ini sudah memilki puluhan karyawan. Karyawannya banyak dari generasi milineal. Beberapa karyawan generasi milenial ini  juga hadir saat buka bersama. Karyawan yang sepengamatan saya saat itu memiliki semangat muda (ini so tau saya aja yah hehehe).

Menilik situs AyoBandung.com dan hal yang dicapainya selama 2 tahun belakangan jelas menjadi pembelajaran tersendiri bagi saya pribadi termasuk untuk mereka yang terjun di industri media digital. Karena saya juga masih berada di lingkup industri media digital, saya patut belajar dari AyoBandung.com. Terutama dari cara mereka monetasi situs yang mereka punya sebagai digital branding bagi perusahaan maupun individu (ehmm bisa nih buat mereka yang berpolitik).

Budaya Kerja AyoBandung.com

Pencapaian yang menurut saya sudah sangat baik dari AyoBandung.com dalam 2 tahun mengarungi lautan media digital bisa terjadi karena budaya kerja mereka. Mereka menerapkan budaya perusahaan yang berasal dari akronim situs mereka. AYOBDG (Accountable, Youthfully, Objective, Balance, Do Wonders, GCG).

Kalau diterjmahkan ke bahasa Indonesia, berarti akuntabel, semangat muda, objektif, seimbang, hasil terbaik, dan GCG (apa pula ini). GCG adalah singkatan dari Good Corporate Governance atau dalam bahasa Indonesia berarti tata kelola perusahaan yang baik.

Dengan mengusung budaya perusahaan dan juga sebagai perusahaan yang punya visi media terintegrasi dengan berorientasi pada inovasi dan solusi, AyoBandung.com dan jaringan media yang merupakan “keluarganya” bisa jadi alternatif bacaan bagi pembaca, alternatif konsultan digital branding untuk klien mereka dan juga bisa jadi pembelajaran bagi mereka yang mau berbisnis di industri media.

Jelas bagi saya pribadi, hal ketiga adalah pelajaran penting. Siapa tahu kedepan saya punya rencana mendirikan media digital sendiri. Saya harus optimis dan belajar dari AyoBandung.com bahwa mendirikan media digital dengan konsep yang unik atau beda adalah sebuah keharusan di tengah industri media digital yang padat ini.

Masih banyak sebenarnya celoteh yang ingin saya sampaikan di tulisan ini. Tapi selalu ada batas untuk kita berhenti sejenak atau rehat. Menjernihkan pikiran agar tidak terlalu banyak informasi yang masuk dan keluar. Sama seperti terhentinya orbrolan kami di Babakaran saat itu yang terhenti karena waktu sudah terlampau malam dan perut sudah kekenyangan oleh sate, gorengan, dan mie pedas khas Babakaran.

Yang penasaran ingin tahu tentang AyoBandung.com, kunjungi langsung  situsnya di www.ayobandung.com
Bonus Gambar: Sate Bakar khas Babakaran

Comments

  1. Tks ya sudah mengulas. Semoga ke depan Ayo Media Network bisa menyajikan berbagai informasi yang dibutuhkan masyarakat.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts