Pelajaran Penting Mendirikan Media Digital dari AyoBandung.com
Ramadan 1438H telah berlalu. Ada banyak cerita yang tak sempat tetulis. Aktivitas mudik dan kesibukan kerja membuat saya sedikit melupa tulisan yang harus dibuat. Salah satunya adalah tulisan dari “jejak” Buka Bersama dengan Ayo Media Network, yang dalam hal ini diwakili oleh tim AyoBandung.com
Kegiatan buka bersama ini berlangsung Jumat, 16 Juni 2017 di Kafe Babakaran, Jl. Buah Batu No. 133 Bandung. Ini adalah kedai kedua Babakaran di Bandung. Kedai yang pertama buka terlebih dulu di Jalan Juanda Bandung.
Dengan hidangan khas sate dan babakaran, saya bersama beberapa rekan narablog Bandung banyak berbincang sepanjang malam Sabtu itu. Sembari menunggu makanan datang, kami banyak berbincang baik tentang tempat kami makan (Babakaran) dan juga tentang AyoBandung.com itu sendiri.
Tentang AyoBandung.com
AyoBandung.com sendiri adalah situs yag merupakan bagian dari perusahaan konsultan komunikas (begitu mereka menyebutnya) bernama Ayo Media Network. Perusahaan ini fokus pada ranah media digital sekaligus juga menjadi perusahaan digital branding dan digital marketing (Social Media Management dan Search Engine Optimization)
Yang menarik dari suasana itu bagi saya, adalah bisa mengobrol dengan sosok bernama Ruddy Sukarno.
Kehadiran jaringan media tersebut adalah sebagai nilai
tambah bagi mereka yang membutuhkan layanan branding yang sudah terintegrasi
dengan media.
Pencapaian AyoBandung.com
Ruddy Sukarno saat ini menjabat sebagai pemimpin
redaksi AyoBandung.com. Sebagai pemimpin
redaksi, Pak Ruddy Sukarno termasuk sigap dalam memimpin sebuah media digital
yang pasarnya sesak ini. Hal tersebut dibuktikan dengan posisi Alexa
AyoBandung.com yang berada di 2200 (saat artikel ini dibuat). Posisi tersebut
bisa dicapai dengan hanya rentang waktu 2 tahun saja.
Selain itu, situs AyoBandung.com juga mampu
menampilkan artikel menarik dengan tema umum maupun artikel yang berkaitan
dengan Kota Bandung itu sendiri. Terlihat juga beberapa iklan yang tampaknya
sudah menjalin kerjasama yang baik dengan AyoBandung.com. (Meskipun bagi saya
pribadi, keberadaan iklan ini sedikit menggangu tampilan jika diakses melalui
perangkat PC/laptop)Posisi Ayobandung.com di Alexa |
AyoBandung.com yang beralamt di Jalan Sekar Tonggeret No. 14, Bandung ini
sudah memilki puluhan karyawan. Karyawannya banyak dari generasi milineal.
Beberapa karyawan generasi milenial ini
juga hadir saat buka bersama. Karyawan yang sepengamatan saya saat itu memiliki
semangat muda (ini so tau saya aja yah hehehe).
Menilik situs AyoBandung.com dan hal yang
dicapainya selama 2 tahun belakangan jelas menjadi pembelajaran tersendiri bagi
saya pribadi termasuk untuk mereka yang terjun di industri media digital.
Karena saya juga masih berada di lingkup industri media digital, saya patut
belajar dari AyoBandung.com. Terutama dari cara mereka monetasi situs yang
mereka punya sebagai digital branding bagi perusahaan maupun individu (ehmm
bisa nih buat mereka yang berpolitik).
Budaya Kerja AyoBandung.com
Pencapaian yang menurut saya sudah sangat baik dari
AyoBandung.com dalam 2 tahun mengarungi lautan media digital bisa terjadi
karena budaya kerja mereka. Mereka menerapkan budaya perusahaan yang berasal
dari akronim situs mereka. AYOBDG (Accountable, Youthfully, Objective, Balance,
Do Wonders, GCG).
Kalau diterjmahkan ke bahasa Indonesia, berarti
akuntabel, semangat muda, objektif, seimbang, hasil terbaik, dan GCG (apa pula
ini). GCG adalah singkatan dari Good Corporate Governance atau dalam bahasa
Indonesia berarti tata kelola perusahaan yang baik.
Dengan mengusung budaya perusahaan dan juga sebagai
perusahaan yang punya visi media terintegrasi dengan berorientasi pada inovasi
dan solusi, AyoBandung.com dan jaringan media yang merupakan “keluarganya” bisa
jadi alternatif bacaan bagi pembaca, alternatif konsultan digital branding
untuk klien mereka dan juga bisa jadi pembelajaran bagi mereka yang mau
berbisnis di industri media.
Jelas bagi saya pribadi, hal ketiga adalah
pelajaran penting. Siapa tahu kedepan saya punya rencana mendirikan media
digital sendiri. Saya harus optimis dan belajar dari AyoBandung.com bahwa
mendirikan media digital dengan konsep yang unik atau beda adalah sebuah
keharusan di tengah industri media digital yang padat ini.
Masih banyak sebenarnya celoteh yang ingin saya
sampaikan di tulisan ini. Tapi selalu ada batas untuk kita berhenti sejenak
atau rehat. Menjernihkan pikiran agar tidak terlalu banyak informasi yang masuk
dan keluar. Sama seperti terhentinya orbrolan kami di Babakaran saat itu yang
terhenti karena waktu sudah terlampau malam dan perut sudah kekenyangan oleh
sate, gorengan, dan mie pedas khas Babakaran.
Yang penasaran ingin tahu tentang AyoBandung.com, kunjungi langsung situsnya di www.ayobandung.com
Bonus Gambar: Sate Bakar khas Babakaran |
Tks ya sudah mengulas. Semoga ke depan Ayo Media Network bisa menyajikan berbagai informasi yang dibutuhkan masyarakat.
ReplyDelete